[News] Raja Thailand Meninggal Dunia, Seluruh Kalangan Masyarakat Berduka Cita


 
Kamis, 13 Oktober 2016, Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej meninggal di Chalermpharakiet Building Rumah Sakit Siriraj pada pukul 15:52. Semua anggota keluarga hadir di Rumah Sakit saat itu. Melalui pemberitahuan dari Biro Rumah Tangga Kerajaan, Perdana Menteri mengumumkan kematian Raja melalui siaran nasional ke seluruh penjuru Thailand, bahkan di Thailand bagian utara yang termasuk daerah konflik seperti Pattani. Setelah pengumuman nasional dikeluarkan, hampir setengah dari warga Bangkok berbondong-bondong untuk datang langsung ke Rumah Sakit Siriraj.

Kesehatan Raja Bhumibol memang sudah menurun sejak tahun 2010 kemarin, kemudian pada hari Minggu 9 Oktober, Raja Bhumibol dibawa kerumah sakit dan Biro Rumah Tangga Kerajaan mengumumkan kondisi Raja masih tidak menentu. Warga dan simpatisan dengan balutan pakaian warna kuning pink datang berbondong-bondong ke Rumah Sakit untuk memberikan do’a terbaik mereka. Kuning adalah warna untuk Yang Mulia Raja karena beliau lahir pada hari senin. Sedangkan pink sudah lama dikaitkan dengan Raja karena astrolog kerajaan mengatakan itu warna yang baik untuknya. Ditempat lain, orang-orang menulis nama mereka dengan keinginan terbaik untuk kesembuhan Raja dalam buku tamu di Sahathai Samakom Pavilion, Grand Palace. 





Kerumunan mulai membludak pada hari selasa lalu setelah kondisi Raja dinyatakan kritis. Para warga datang memberi sedekah pada biksu-biksu yang mendo’akan raja di depan Rumah sakit, mereka bahkan menginap dan membangun tenda di depan Rumah Sakit tersebut. Diberitakan hal itu merupakan kerumunan terbanyak kedua di depan Rumah Sakit Siriraj setelah tahun 2003, penyanyi Big Panrawat D2B yang kritis juga dirawat dirumah sakit tersebut. 13 Oktober 2016, Raja Bhumibol meninggal pada usia 88 tahun sebagai Raja kesembilan dari Dinasti Chakri. Almarhum naik tahta sebagai Raja 70 tahun silam dan dinobatkan sebagai Raja dengan masa pemerintahan terlama didunia. Masyarakat Thailand baru saja merayakan 70 tahun masa pemerintahan Raja beberapa bulan yang lalu. Raja Bhumibol memang dikenal sangat murah hati. Di Thailand ada aturan bahwa tidak ada siapapun yang bisa menyentuh Raja selain keluarga kerajaan, namun hal itu tidak berlaku untuk Raja Bhumibol.




Ditetapkan masa 1 tahun berkabung untuk Raja Bhumibol. Semua kantor lembaga pendidikan dan administrasi publik harus mengibarkan bendera selama 30 hari terhitung sejak 14 Oktober. Setelah kematian Raja, kerumunan penuh sesak manusia berbaju hitam dengan rangkaian bunga dan lukisan-lukisan Raja memadati setiap sudut jalan raya kota Bangkok. Avatar merah muda dengan teks kuning bertulisakan Cinta Raja serta hastag #longlivetheking sekarang mendominasi akun Twitter dan Instagram. Seorang pengguna Facebook bernama Kulthida Kul kabarnya yang merancang avatar populer ini, dia memungkinkan orang untuk mengubah nama secara gratis. 

Kerumunan Warga Thailand Yang Berkabung Menuju Grand Palace

Avatar tersebut hampir dipakai oleh semua kalangan aktris, aktor dan pejabat. Di Facebook, mantan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva, Yingluck Shinawatra dan juga Thaksin Shinawatra juga sudah mengubah foto profil mereka dengan pesan Raja berlatar merah muda. Aktor dan aktris juga tidak lepas dari hal tersebut. Hampir seluruh akun sosial media warga Thailand mengubah foto profil mereka dengan ucapan selamat jalan untuk Raja Bhumibol. Ten Chittapon, personil boyband NCT milik SM Entertainment juga mengucapkan selamat jalan untuk Raja dari tanah kelahirannya. Meskipun Ten sudah lama sekali meninggalkan Thailand untuk tinggal menetap di Korea Selatan, Ten bersikeras tidak ingin mengubah namanya karena kerinduannya pada Thailand. Setelah mendengar kabar meninggalnya Raja Bhumibol, Ten datang ke Royal Embassy Seoul untuk menuliskan kata-kata belasungkawanya.

Ten NCT di Royah Embassy Seoul

Para aktor pemain Make It Right The Series juga tidak ketinggalan. Foto kenangan tentang Raja yang paling indah datang dari akun Toey Sitiwat. Toey mengatur foto-foto raja dengan indah di akun Instagram miliknya, bahkan dia tidak mengunggah foto apapun semenjak tanggal 14 Oktober. Kemudian ada juga Boom Krittapak, Boy Pakorn, Bifern Pimchanok serta Yaya Urasaya yang menjadi sorotan media pada saat itu. Pasalnya, ditengah kerumunan warga yang berkabung, para selebriti itu membagikan makanan, jeruk serta minuman secara gratis pada pejalan kaki dan juga pada Polisi-polisi yang menjaga lalu lintas. Bahkan seorang Jurnalis berita online asal australia menjadikan Boom Kittapak sebagai headline dari beritanya.








Selepas Raja Bhumibol meninggal, masyarakat khawatir dengan urusan pengangkatan Raja selanjutnya. Berbeda dengan Raja Bhumibol yang dikasihi rakyatnya, Putra Mahkota Maha Vijiralongkorn, putra Raja Bhumibol sekaligus ahli waris kerajaan Thailand dikenal dengan berbagai skandal dan kontroversi, serta kemampuannya sebagai pemimpin memang sudah menjadi pertanyaan sejak dulu. Tahun 2007 silam, tersebar video Putra Mahkota bersama dengan perempuan bugil di sebuah party yang membuatnya menjadi perbincangan di politik Internasional. Juli 2016 lalu, saat kondisi Raja Bhumibol mulai lemah, Putra Mahkota malah membuat skandal lain dengan tampil di bandara mengenakan tanktop minim dan punggung penuh tatto. Kebiasaannya berselingkuh dan memiliki anak diluar nikah juga membuat warga Thailand tidak menghormatinya. Hingga saat ini, Putra Mahkota Maha Vijiralongkorn sudah kawin cerai sebanyak 3 kali, dengan 2 mantan istri yang tidak disetujui oleh Raja Bhumibol.

Dilansir dari Jawapost, pada hari kematian Raja Bhumibiol, Putra Mahkota sudah membuat pernyataan mengejutkan, yaitu penundaannya deklarasi dirinya sebagai Raja baru hingga tahun depan. Padahal menurut tradisi, jika Raja terdahulu meninggal, penggantinya harus diumumkan pada hari yang sama. "Kerajaan dan loyalis yang berada dikelas elit takut jika Vijiralongkorn bertakha, dia akan memicu periode pergolakan revolusioner dan bisa merusak struktur masyarakat Thailand" ungkap seorang pakar politik Internasional, Jonathan Manthorpe. Dengan meninggalnya Raja Bhumibol, pengamat politik mulai memprediksikan bagaimana keadaan Thailand 5 tahun kedepan setelah dipimpin oleh Maha Vijiralongkorn.
(Source: Bangkok Post, Postjung, Dara Daily, Jawapost)


Mau jadi JUTAWAN MUDA dadakan?
Mau bisnis MUDAH tapi penghasilan JUTAAN PERHARI?
Mau uang lancar dan ATM GENDUT?
DISINI SOLUSINYA KAK!
Modal SEKALI, penghasilannya SEUMUR HIDUP
Bisnisnya gampang bangeeet!! Mimin sendiri udah nyoba dan udah banyak banget yang jadi jutawan muda dengan join bisnis ini..

NO MLM
NO SCAM / PENIPUAN
CUMAN MAIN GADGET
GAK NGURAS TENAGA
Modal RECEH untung JUTAAN
SEMUA UMUR BISA JOIN
DIBIMBING SAMPE SUKSES!
Sekali lagi ini BUKAN BISNIS PENIPUAN seperti yang ditawarkan situs penipu ODAP ataupun Penasaran.net! Untuk Informasi lebih lanjut silahkan KLIK DISINI. Ayuk jangan tunda suksesmu kak..
 


Putra Mahkota Maha Vijiralongkorn


















Post a Comment